Selasa, 19 Juli 2011

PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. namun banyak juga pakar pendidikan yang ada di Indonesia maupun dari luar berpendapat terhadap PTK antara lain:

1. Suharsimi :

Menurut beliau PTK merupakan paparan gabungan definisi dari tiga kata ”penelitian, tindakan, dan kelas”.

  • Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat bagi peneliti atau orang-orang yang berkepentingan dalam rangka peningkatan kualitas diberbagai bidang.
  • Tindakan adalah suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang dalam pelaksanaannya berbentuk rangkaian periode / siklus kegiatan.
  • Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama dan tempat yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru yang sama.

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan terjemahan dari Classroom Action Research yaitu suatu Action Research (penelitian tindakan) yang dilakukan di kelas.

Dari ketiga pengertian diatas, penelitian, tindakan, dan kelas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan penelitian tindakan kelas adalah pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.

2. Carr dan Kemmis

Mendefinisikan PTK sebagai berikut:

  • PTK adalah suatu bentuk inquiry atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri.
  • PTK dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, peserta didik, atau kepala sekolah.
  • PTK dilakukan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
  • Tujuan PTK adalah untuk memperbaiki dasar pemikiran dan kepantasan dari praktik-praktik belajar mengajar, memperbaiki pemahaman dari praktik belajar mengajar, serta memperbaiki situasi atau lembaga tempat praktik tersebut dilakukan.

Dari keempat ide pokok diatas dapat disimpulkan bahwa PTK adalah pencermatan yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat didalamnya (guru, peserta didik, kepala sekolah) dengan menggunakan metode refleksi diri dan bertujuan untuk melakukan perbaikan di berbagai aspek pembelajaran.

Dan masih banyak lagi pakar pendidikan yang merumuskan atau mengartikannya tetapi dari semua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan


Sumber :

http://id.shvoong.com : pengertian penelitian tindakan kelas

http://www.abdulrahmansaleh.com :

pengertian (PTK) penelitian tindakan kelas


Tidak ada komentar: